Tips Mengajari Anak Meminta Maaf

, , Comments Off on Tips Mengajari Anak Meminta Maaf

Tips Mengajari Anak Meminta Maaf

Lizlarin.com – Bunda, tentunya sebagai orangtua dan sebagai orang yang lebih dewasa pasti saja Anda sudah tahu betul, bahwasannya pada saat membuat kesalahan memang sudah sewajarnya untuk segera meminta maaf. Sikap yang terpuji seperti memang harus diajarkan pada buah hati tercinta sejak usianya masih dini. Akan tetapi, Anda juga tak boleh sampai memaksakan padan saat mengajari atau mendidik sih kecil bagaimaa meminta maaf ya bund. Anda haruslah lebih bersabar, sebab memang anak lebih cenderung tak mau melakukan seperti apa yang telah Anda perintahkan. Dia lebih suka dan mau melakukan apa yang menurutnya menyenangkan bagi dirinya walaupun yang demikian tersebut memang tak baik dia lakukan dan bisa juga menyakiti perasaan orang lain.

Tips Mengajari Anak Meminta Maaf

Dan wajar saja, sebab anak-anak usia dini masih belum paham dan mengerti apa yang baik dan tak baik yang semestinya dia lakukan atau pun tidak dilakukan. Tapi, Anda juga tak perlu yang terlalu khawatir ya bund, berikut ini ada beberapa tips mudah mengajari sih kecil meminta maaf yang bisa Anda contoh.

Tips mengajari anak meminta maaf

  • http://www.kuliahbahasainggris.com/report-text-pengertian-tujuan-generic-structure-dan-contoh-terlengkap/ Anak-anak yang usia dini atau anak balita ini lebih cenderung mengaca dan juga menirukan apa yang telah dilakukan oleh orangtua mereka. Pada saat Anda lakukan beberapa kesalahan maka Anda bisa langsung meminta maaf. Setelah itu, Anda bisa memberikan beberapa penjelasan pada sih kecil bahwasnanya setelah Anda melakukan kesalahan memang sudah seharusnya segera meminta maaf.
  • Selain itu, mengajarkan untuk meminta maaf sedari dini akan sangat bagus sekali. Yang mana semakin lamanya mereka akan semakin mengerti dan memahami pula contoh-contoh yang Anda beri pada mereka.
  • Ingat, jangan pernah memaksakan perasaan pada sih kecil ya bund. Biarkan saja mereka mempelajari seiring dengan berjalannya waktu. Ini nantinya hanya akan menjadikan buah hati Anda melakukan permintaan maaf palsu yang justru akan jadi kebiasaan nanti di kemudian hari.
  • Coba untuk tak menggurui anak Anda mengenai perbuatan salah mereka. Alih-alih ajak anak Anda berbicara secara baik-baik dengan lembut, lalu tanyakan bagaimana perasaan anak Anda setelah melakukan hal tersebut dan jangan lupa juga unuk menanyakan tentang bagaimana perasaan anak Anda bila disakiti oleh orang lain. anak Anda pastinya akan dapat belajar dan juga mengerti mengenai meminta maaf ini dengan lebih cepat.
  • Selain itu, jangan pernah menghukum anak. Mereka pastinya akan merasa takut bila Anda memberi hukuman, akan lebih baik lagi untuk memberikan pengertian dengan lemah lembut.

Nah, itulah tadi beberapa informasi yang dapat kami bagikan kepada Anda tentang tips mengajari anak meminta maaf. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: