Tips Membuat Sekolah Tidak Menakutkan Bagi Anak

, , Comments Off on Tips Membuat Sekolah Tidak Menakutkan Bagi Anak

Tips Membuat Sekolah Tidak Menakutkan Bagi Anak

Lizlarin.com – Bunda, apa anak Anda sering sekali tidak mau saat disuruh untuk berangkat ke sekolah? Kira-kira apa Anda juga sudah tahu apa sih alasan sih kecil enggan untuk bersekolah tersebut? Nah, untuk itulah pada kesempatan yang baik kali ini kami akan mencoba membagikan informasi menarik yang mungkin saja nanti akan bermanfaat bagi Anda bund, yakni beberapa hal ketakutan yang umumnya dimiliki oleh para anak-anak pada saat harus bersekolah dan bagaimana cara atau tips mengatasinya agar sih anak tak takut lagi dan mau bersekolah kembali. Penasaran? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini ya bund.

Tips Membuat Sekolah Tidak Menakutkan Bagi Anak

Tips membuat sekolah tidak menakutkan bagi anak

Takut nantinya akan merindukan sang bunda

Salah satu hal terberat yang umumnya dirasakan oleh anak-anak adalah pada saat dia harus dipisahkan dengan semua hal yang familiar, khususnya bunda. Tinggalkan anak Anda di sekolah dengan memberikan senyuman hangat di wajahnya dan pastinya dia juga melihat Anda tersenyum.

Takut nantinya akan alami sebuah kecelakaan

Apabila anak Anda emmang menunjukkan ketakutan akan alami kecelakaan, misalnya saja saat ke kamar mandi di sekolah nantinya, maka cari tahu kenapa atau apa alasannya. Setelah itu, bicarakan ketakutannya dan diskusikan strategi untuk bisa mengatasi hal tersebut.

Takut jika nanti tersesat di sebuah gedung yang besar

Nah, di sini Anda bisa memberikan petunjuk visual kepada anak tercinta mengenai sekolahnya, supaya dia juga tahu arah dan juga ruangan di dalamnya. Tunjukan saja di mana letak toilet, perpusatakaan, kantin, dan juga beberapa ruangan yang lain, yang nantinya akan dia gunakan.

Takut jika tidak bisa menghisap jempol atau bawa mainan keseyangannya

Membawa mainan atau pun selimut kesayangan di preschool mungkin saja masih diperbolehkan. Akan tetapi jika anak Anda sudah memasuki taman kanak-kanak (TK), sepertinya sulit sekali untuk dilakukan lagi ya bund. Biasakan saja anak Anda sejak preschool untuk meletakkan mainannya tersebut pada saat dia sekolah, dan berikan mainannya kembali setelah pulang, semakin  lama dia akan mulai terbiasa.

Akan tetapi, untuk kebiasaan menghisap jempol seperti ini mungkin saja akan terasa sulit sekali untuk dihentikan, sebab jempol tidak dapat ditinggalkan di laci ya bund. Hehehe… akan tetapi Anda juga tidak perlu khawatir, kebiasaan tersebut akan berkurang dengan sendirinya kok saat dia sibuk dengan aktifitas di sekolah.

Takut jika gurunya akan galak

ilmubahasainggris.com Perkenalkan saja anak Anda kepada guru kelasnya sebelum sekolah dimulai. Beritahukan pada anak Anda mengenai peraturan kelas, jika anak mematuhi peratuan tersebut nanti dia tidak akan dihukum.

Demikianlah informasi tentang tips membuat sekolah tidak menakutkan bagi anak yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: