Tingkatan Perkembangan Mental dan Landasan Permainan Berhitung Anak TK

, , Comments Off on Tingkatan Perkembangan Mental dan Landasan Permainan Berhitung Anak TK

Tingkatan Perkembangan Mental dan Landasan Permainan  Berhitung Anak TK

Lizlarin.com – Jean Piaget berkata bahwasannya kegiatan belajar memang perlu kesiapan dalam diri sih anak. Ini artinya belajar sebagai suatu proses yang butuh aktifitas baik secara fisik atau psikis. Selain hal tersebut, kegiatan belajar pada anak ini juga harus disesuaikan dengan tahapan perkembangan mental pada anak, sebab belajar buat anak ini tak harus kelaur dari anak itu sendiri.

Anak pada usia TK (taman kanak-kanak) ada pada tahap pra operasional kongkrit yakni tahapan persiapan kea rah pengorganisasian pekerjaan yang lebih kongkrit dan juga berpikir intuitif, yang mana anak bisa mempertimbangkan mengenai besar, bentuk, dan juga benda-benda didasarkan kepada interpretasi serta pengalamannya.

Tingkatan Perkembangan Mental dan Landasan Permainan Berhitung Anak TK

Masa peka berhitung anak TK

Perkembangan ini sangat dipengaruhi oleh faktor kematangan dan juga belajar. Jika anak Anda sudah mulai menunjukkan masa peka atau kematangan untuk berhitung, maka orangtua dan juga guru di taman kanak-kanak harus lebih tanggap untuk segera memberi layanan dan juga bimbingan, sehingga kebutuhan anak bisa terpenuhi seerta tersalurkan dengan baik menuju ke perkembangan kemampuan dalam berhitung yang lebih optimal lagi.

Anak pada usia taman kanak-kanak seperti ini merupakan masa yang paling strategis untuk kenalkan berhitung pada jalur matematika, sebab pada usia taman kanak-kanak tersebut anak jadi sangat peka sekali terhadap rangsangan yang dia terima dari lingkungan sekitar. Rasa ingin tahu anak yang tinggi nantinya akan tersalurkan jika mendapat stimulasi atau rangsangan, maupun motivasi yang sesyai dengan tugas perkembangannya. Jika kegiatan berhitung ini diberikan lewat berbagai macam bentuk permainan, pastinya akan jauh lebih efektif lagi sebab bermain adalah awhana belajar dan juga bekerja buat anak. Diyakini betul bahwasannya anak nantinya akan lebih berhasil lagi dalam mempelajari sesuatu jika yang dia pelajari tersebut sesuai dengan minat, kebutuhan, atau pun kemampuannya.

sejarah sumpah pemuda Berdasar hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Orborn bahwasannya perkembangan intelektual pada sang anak nantinya akan berkembangan sangat pesat sekali pada kurun usia nol hingga dengan pra sekolah (4 – 6 tahun). Oleh karena itulah, usia pra sekolah ini sering sekali disebut sebagai masa peka belajar bagi anak-anak. Pernyataan tersebut juga didukung oleh Benyamin S. Bloom yang menyatakan bahwasannya ada sekitar 50 % dari potensi intelektual sih anak sudah bisa terbentuk dengan sangat baik di usia 4 tahun, lalu mencapai sekitar 80 % di usia anak sekitar 8 tahun. Selain itu, Hurlock juga mengatakan bahwasannya 5 tahun pertama dalam kehidupan anak adalah peletakan dasar bagi perkembangan selanjutnya.

Demikianlah informasi tentang tingkatan perkembangan mental dan landasan permainan berhitung anak TK. Semoga saja bisa bermanfaat.

Baca Juga: