Tahap Pengembangan Sikap dan Perilaku Beragama Anak TK

, , Comments Off on Tahap Pengembangan Sikap dan Perilaku Beragama Anak TK

Tahap Pengembangan Sikap dan Perilaku Beragama Anak TK

Lizlarin.com – Dimensi atau pun tahapan pengembangan sikap dan perilaku beragama pada anak TK (taman kanak-kanak) ini memang sangat penting sekali untuk Anda tahu, sebab pada tahapan tersebut nantinya akan sangat diperlukan oleh anak-anak sebagai bekal untuk dapat menapaki kehidupan yang lebih nyata atau real dan juga realistis serta instan. Di samping dijadikan sebagai belak, juga akan berguna sekali untuk filter dari tahap pengembangan perilaku yang lain. langsung saja simak ulasan  selengkapnya di bawah ini ya.

Tahap Pengembangan Sikap dan Perilaku Beragama Anak TK

Ketahui tahap perkembangan sikap dan perilaku beragama

Perilaku sikap beragama pada anak biasanya ditujukan untuk bisa melakukan kebaikan atau pun mengindarkan pada keburukan sehingga sih anak nantinya bisa memilih jalan yang bisa mengantarkannya pada kebaikan dan juga kebahagiaan hidup di dunia yang lebih baik lagi. Perkembangan sikap dan juga perilaku beragama pada anak TK ini melalui 3 tingkatan, yakni :

Tingkatan dongeng : the fairy tale stage

Pada tingkatan yang satu ini umumnya dimulai sejak anak usia 3 hingga 6 tahun. Yang mana pada tingkatan tersebut konsep tentang Tuhan nantinya akan lebih banyak dipengaruhi oleh fantasi dan juga emosi sih anak. Penghayatan untuk konsep pada Tuhan berkembang sesuai dongeng tingkat perkembangan intelektual anak. Ini artinya anak akan menanggapi agama masih menggunakan konsep fantasi yang biasan ya diliputi oleh dongen yang tak masuk akal.

Tingkat kenyataan : the realistis stage

Sedangkan pada tingkatan satu ini umumnya dimulai pada anak usia 7 hingga 15/16 tahun atau pun sejak anak masuk sekolah dasar hingga usia remaja akhir. Yang mana pada tingkatan tersebut ide anak mengenai ke Tuhanan sudah mampu mencerminkan konsep yang berdasar pada tingkatan atau realis. Konsep mengenai ke Tuhanan ini muncul lewat lembaga keagamaan dan juga pembelajaran ajaran dari orang dewasa.

Tingkat individual : the individual stage

http://www.dosenpendidikan.com/34-nama-tarian-tradisional-di-indonesia-menurut-asal-daerahnya/ Lalu pada tingkatan ini anak sudah mempunyai kepekaan emosi paling tinggi sejalan dengan perkembangan usianya.

Untuk konsep keagamaan yang individualistis ini terbagi jadi 3 golongan, yakni :

  • Ke Tuhanan konvensional dan konservatif dengan dipengaruhi oleh sebagian kecil fantasi
  • Ke Tuhanan lebih rumit yang dinyatakan ke dalam pandangan sifatnya personal atau perseorangan
  • Ke Tuhanan sifatnya humanistic. Agama telah jadi etos humanis di diri mereka dalam menghayati ajaran agama

Dalam memahami konsep keagamaan pada anak artinya memahami sifat agama pada diri anak. Sifat agama pada diri anak akan tumbuh ikuti ideas concept on outhority. Ini artinya konsep keagamaan pada diri anak dipengaruhi oleh faktor dari luar dirinya. Semoga informasi tentang tahap pengembangan sikap dan perilaku beragama anak TK bermanfaat.

Baca Juga: