Mendidik Anak Patuh pada Perintah Orangtua

, , Comments Off on Mendidik Anak Patuh pada Perintah Orangtua

Mendidik Anak Patuh pada Perintah Orangtua

Lizlarin.com – Sering sekali para orangtua dibuat frustasi pada saat anak-anaknya sulit sekali untuk dinasehati dan juga dilarang untuk melakukan sesuatu hal. Dinasehati tak didengar, diberi pengertian tak masuk sama sekali, apalagi saat diberi perintah, jangakan mendengar, anak malah menolah mentah-mentah dna berlalu begitu saja. Akan tetapi, walaupun diperlakukan yang seperti ini sudah sangat sering sekali sebagai orangtua Anda kalah dengan ego sih anak yang sangat tinggi dengan alasan mereka masih sangat kecil dan juga masih belum ngerti apa-apa.

Mendidik Anak Patuh pada Perintah Orangtua

Akan tetapi sudahkan Anda tahu, bila pola asuh yang seperti ini terus menerus diterapkan apda anak, maka hal tersebut bukannya menyelesaikan masalah serta menjadikan anak Anda jadi patuh. Malah sebaliknya, sikap Anda yang terus memberi kesempatan pada anak saat melakukan kesalahan dengan berharap suatu hari nanti anak bisa berubah jadi patut sert penurut adalah salah satu hal yang sangat keliru.

Memang benar sekali, anak merupakan buah hati tercinta yang dilahirkan dengan susah payah yang semestinya Anda cintai dan sayangi, akan tetapi ada banyak cara yang tepat dalam mencintai dan juga menyayangi anak. Memberi semua yang diinginkan dan terus menerus mengalah bukan tindakan yang tepat. Setiap orangtua pasti ingin bila anaknya tumbuh jadi anak yang baik, penuh kasih sayang, tetapi juga berbakti pada kedua orangtua. Untuk itulah, ada masanya dimana Anda harus tegas dalam mendidik anak jadi anak yang baik, seperti yang sudah Anda harapkan.

Cara mendidik anak patuh pada perintah orangtuanya

Panggil nama mereka

Saat Anda butuh bantuan anak atau pun saat Ada akan memberi perintah pada anak, hendaknya tak usah teriak-teriak atau pun mengomel-ngomel tak jelas. Selain tak akan menyelesaikan masalah, hal yang demikian ini juga tak akan menjadikan anak segera menghampiri Anda serta melakukan perintah yang telah Anda berikan. Sebaliknya, kondisi anak akan terkejut, takut, atau kesal dengan tak mau menghampiri maupun berpura-pura tak mendengar. Sebailnya saat Anda butuh anak atau akan memberi perintah, segera hampiri anak Anda lalu dekati dan katakana bila Anda sedang membutuhkan mereka di rumah.

Dengarkan anak Anda

Walaupun Anda memberi perintah pada anak atau pun ketika anak benar-benar butuh mereka, ini tak berarti Anda juga harus abaikan mereka serta tak dengarkan keluh kesahnya. Perilaku anak yang menolak atau pun tak mengabulkan perintah Anda dapat dilatar belakangi sebab mereka yang capek sepulang sekolah, tak enak hati dengan lingkungannya, atau pun merasa tak enak badan. Untuk itulah, ada baiknya maklumi serta beri perintah sesuai kapasitas anak.

Kondisikan perintah dan waktu anak

dosenpendidikan.com Pada saat Anda memberi perintah, lalu anak Anda tampak masalah untuk melakukannya, maka jangan terlalu dini hakimi dia. Kondisikan terlebih dulu dengan waktu anak Anda, apa saat ini Anda memberi perintah ketik anak baru pulang sekolah, pulang bermain, atau pulang les. Hal yang demikian ini pastinya akan sangat menguras tenaga anak saat Anda memberi perintah. Untuk atasi hal yang seperti ini adalah dengan memberi kesempatan pada anak untuk istirahat sejenak serta meminta mereka ketika tenaganya sudah kembali pulih. Selain hal tersebut, mintalah dengan sopan, sebab kondisi lelah anak akan menjadikan segala hal jadi sebuah tekanan bagi dirinya.

Demikianlah informasi tentang mendidik anak patuh pada perintah orangtua yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: